Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas X-2 (Fase-E) SMA Negeri 10 Padang

Gettalia, Putri Bunga (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas X-2 (Fase-E) SMA Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_PUTRI_BUNGA_GETTALIA_19023146_4169_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar seni tari melalui metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw pada siswa Kelas X-2 (Fase-E) SMA Negeri 10 Padang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Seni Budaya pada siswa Kelas X-2, khususnya pada pembelajaran seni tari sehingga membutuhkan proses pembelajaran yang dapat memperbaiki hasil belajar. Jenis Penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mana peneliti sekaligus berperan sebagai guru, melakukan aksi tindakan pemecahan masalah dalam pembelajaran di kelas (classroom action research). Instrumen yang digunakan adalah tes, yang diberikan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajran, di mana siklus kedua merupakan penyelesaian masalah penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belaja siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. dan Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa Kelas X-2 (Fase-E), telah mendoring adanya aktifitas pembelajaran yang meningkat, sekaligus mendorong peningkatan hasil belajar siswa. Sebab kerjasama antar siswa dalam kelompok pembelajaran tari, yang awalnya pencapaian hasil belajar siswa di siklus-1 dengan ketuntasan 52% (berkriteria cukup), meningkat di siklus-2 menjadi 92% (berkriteria sangat baik). Terjadi perubahan capaian peningkatan hasil belajar sebesar 40% dari siklus-1 ke skilus-2. Dengan capaian hasil belajar sebesar ini, dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni tari di kelas X-2 (Fase F) SMA Negeri 10 Padang yang menerapkan metode kooperatif dalam tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorSudarman, YosUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF; TIPE JIGSAW; PEMBELAJARAN SENI TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:11
Last Modified: 10 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47193

Actions (login required)

View Item View Item