Dampak Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Dhuafa Padang.

Susanti, Elvina (2023) Dampak Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Dhuafa Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_ELVINA_SUSANTI_19061054_3738_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran KUG di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang adalah penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian memiliki tujuan untuk mengungkap dampak penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa kelas XI DPIB pada mata pelajaran KUG. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan tes objektif dengan 16 soal pada pretest dan 17 pada posttest untuk mengumpulkan data. Uji T pada gain score diperoleh t hitung ≥ t tabel menunjukkan bahwa hasil belajar KUG pada siswa yang menerapkan model PjBL lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model PjBL. Disarankan guru mata pelajaran KUG perlu menerapkan model PjBL dalam rangka meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArbi, YaumalUNSPECIFIED
CorrectorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorZuwida, NidalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING; HASIL BELAJAR; KONSTRUKSI GEDUNG
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:42
Last Modified: 10 Oct 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47187

Actions (login required)

View Item View Item