Struktur, Unsur, dan Ciri Kebahasaan Teks Berita Karya Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar

Rindha, Novia Rahma (2023) Struktur, Unsur, dan Ciri Kebahasaan Teks Berita Karya Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_NOVIA_RAHMA_RINDHA_19016182_3120_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Kedua, mendeskripsikan unsur teks berita karya siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Ketiga, mendeskripsikan ciri kebahasaan karya siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deksriptif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah pertama Negeri 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Data penelitian ini adalah teks berita yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu dokumentasi hasil tugas siswa sebanyak dua puluh lima teks berita siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa ditinjau dari segi struktur teks berita belum menggunakan struktur yang tepat. Hal itu diketahui dari kemampuan siswa mengungkapkan keempat bagian struktur teks berita, yaitu judul berita sudah sesuai dengan konteks yang diberikan, tetapi secara umum belum menggambarkan isi berita. Berdasarkan teks berita yang ditulis siswa, semua teks yang memiliki judul berita, semua teks memiliki kepala berita, sebagian besar teks yang memiliki tubuh berita, dan sedikit teks yang memiliki ekor berita. Kedua, dalam menulis teks berita siswa juga menggunakan unsur 5W+1H, tetapi dalam penggunaannya masih banyak ditemukan unsurnya yang tidak lengkap. Unsur yang termuat tidak lengkap akan menyulitkan pembaca karena peristiwa yang telah terjadi akan diterima informasi tidak secara keseluruhan. Ketiga, dilihat dari ciri kebahasaannya teks berita karya siswa kelas VIII belum mampu menggunakan enam kaidah kebahasaan teks berita. Hal ini dibuktikan dari keseluruhan teks berita yang ditulis siswa, terdapat sebagian besar teks siswa yang tidak menggunakan bahasa baku, penggunaan kalimat langsung dan konjungsi bahwa ditemukan tidak ada satupun siswa menggunakannya, sebagian besar teks tidak menggunakan kata kerja mental, sedikit teks tidak terdapat penggunaan keterangan waktu dan tempat, serta sebagian besar teks tidak terdapat penggunaan konjungsi temporal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, struktur, unsur, dan ciri kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Kabupaten Tanah Datar berada pada kategori kurang baik. Hal ini dikarenakan pada bagian struktur teks masih ditemukan teks berita yang belum memiliki tubuh berita dan ekor berita. Pada bagian unsur teks berita karya siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR, UNSUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS BERITA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:02
Last Modified: 10 Oct 2023 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47186

Actions (login required)

View Item View Item