Hubungan Antara Intensitas Menonton Youtube dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini PAUD Mekar Jaya II Kecamatan Lunang

Ermawati, Ermawati (2022) Hubungan Antara Intensitas Menonton Youtube dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini PAUD Mekar Jaya II Kecamatan Lunang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Ermawati_17005070_1887_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan sosial emosional anak usia dini PAUD Mekar Jaya II yang kurang baik. Hal ini diduga karena tingginya intensitas menonton youtube pada anak usai dini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan intensitas menonton youtube pada anak usia dini PAUD Mekara Jaya II, (2) menggambarkan perkembangan sosial emosional anak usia dini PAUD Mekar Jaya II, (3) melihat apakah terdapat hubungan antara intensitas menonton youtube dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini PAUD Mekar Jaya II Kecamatan Lunang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah orang tua peserta didik PAUD Mekar Jaya II Kecamatan Lunang yang berjumlah sebanyak 60 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 75% dengan sampel sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis presentase dan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas menonton youtube pada anak usia dini dkategrikan tinggi, (2) perkembangan sosial emosional anak usia dini dikategorikan kurang baik, (3) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara intensitas menonton youtube dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Mekar Jaya II Kecamatan Lunang. Disarankan pada (1) orang tua agar dapat mengontrol penggunaan gadget pada ank-anak, (2) lembaga pendidikan anak usia dini dapat memaksimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini, (3) peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyuraini, SyurainiUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:06
Last Modified: 10 Oct 2023 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47184

Actions (login required)

View Item View Item