Melinda, Elza Algusli
(2022)
Kontribusi Pembelajaran di TPA Darussalam Terhadap Hasil Belajar Agama Islam di SD.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh
pada mata pelajaran agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 18 Pematang Panjang
yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap
pembelajaran yang disampaikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk: (1)
menggambarkan pembelajaran di TPA Darussalam, (2) menggambarkan hasil
belajar agama Islam di SD, (3) mengetahui kontribusi pembelajaran di TPA
Darussalam terhadap hasil belajar agama Islam di SD.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang termasuk ke
dalam katagori penelitian ex post facto bertujuan untuk melihat pada peristiwa
yang telah terjadi berdasar pada persepsi responden, yaitu untuk meneliti
pengaruh antara variabel bebas dan terikat. Populasi penelitian ini berjumlah 40
orang peserta didik. Sampel diambil 80% yaitu sebanyak 32 orang. Teknik
pengumpulan data digunakan yaitu angket dan alat pengumpulan data berupa
pernyataan tertulis dengan teknik sampel stratified random sampling. Teknik
analisis data menggunakan rumus persentase dan regresi sederhana.
Hasil penelitian ini adalah (1) menggambarkan bahwa pembelajaran di
TPA Darussalam sangat bagus, (2) menggambarkan hasil belajar peserta didik
yang diperoleh memiliki prediket baik, (3) kontribusi pembelajaran di TPA
Darussalam berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar agama Islam di SD.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan adalah (1)
diharapkan orang tua dapat lebih mengutamakan perhatiannya dalam hal
pendidikan agama kepada putra-putrinya, (2) diharapkan guru lebih terampil
dalam membuat media pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |