Kontribusi Pembelajaran di TPA Darussalam Terhadap Hasil Belajar Agama Islam di SD.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Melinda, Elza Algusli (2022) Kontribusi Pembelajaran di TPA Darussalam Terhadap Hasil Belajar Agama Islam di SD.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Elza_ Algusli _Melinda_17005156_1932_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh pada mata pelajaran agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 18 Pematang Panjang yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran yang disampaikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk: (1) menggambarkan pembelajaran di TPA Darussalam, (2) menggambarkan hasil belajar agama Islam di SD, (3) mengetahui kontribusi pembelajaran di TPA Darussalam terhadap hasil belajar agama Islam di SD. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang termasuk ke dalam katagori penelitian ex post facto bertujuan untuk melihat pada peristiwa yang telah terjadi berdasar pada persepsi responden, yaitu untuk meneliti pengaruh antara variabel bebas dan terikat. Populasi penelitian ini berjumlah 40 orang peserta didik. Sampel diambil 80% yaitu sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu angket dan alat pengumpulan data berupa pernyataan tertulis dengan teknik sampel stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah (1) menggambarkan bahwa pembelajaran di TPA Darussalam sangat bagus, (2) menggambarkan hasil belajar peserta didik yang diperoleh memiliki prediket baik, (3) kontribusi pembelajaran di TPA Darussalam berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar agama Islam di SD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan adalah (1) diharapkan orang tua dapat lebih mengutamakan perhatiannya dalam hal pendidikan agama kepada putra-putrinya, (2) diharapkan guru lebih terampil dalam membuat media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyuraini, SyurainiUNSPECIFIED
CorrectorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:05
Last Modified: 10 Oct 2023 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47183

Actions (login required)

View Item View Item