Tindak Tutur Asertif dalam Novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 Karya Pidi Baiq dan Implikasiya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Noviyanti, Tiara (2023) Tindak Tutur Asertif dalam Novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 Karya Pidi Baiq dan Implikasiya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TIARA_NOVIYANTI_19016059_813_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur asertif yang terdapat dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq. Kedua, mendeskripsikan fungsi tindak tutur asertif yang terdapat dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode secara deskrptif berupa tindak tutur asertif pada kalimat percakapan antartokoh di dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq. Sumber data penelitian ini adalah novel berjudul Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui studi telaah dokumen dengan teknik observasi dan teknik catat. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik uraian rinci. Teknik penganalisisan data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu identifikasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bentuk dan fungsi tindak tutur asertif di dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq. Pertama, bentuk tindak tutur asertif di dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq, yakni tindak tutur asertif menyatakan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, menuntut, melaporkan. Kedua, fungsi tindak tutur asertif yang terdapat dalam novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 karya Pidi Baiq, yaitu fungsi kompetitif, konvival, kolaboratif, konfliktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:44
Last Modified: 09 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47181

Actions (login required)

View Item View Item