Pembuatan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Survey Terrestris Elemen Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal Kelas XI Teknik Geomatika di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Kamil, Diyna (2023) Pembuatan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Survey Terrestris Elemen Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal Kelas XI Teknik Geomatika di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_DIYNA_KAMIL_18061007_1787_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya media penunjang pada mata pelajaran Survey Terrestris khususnya pada elemen Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran Modul Cetak pada elemen Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal di Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi media pembelajaran untuk ahli materi dan ahli media, serta angket praktikalitas media pembelajaran untuk guru dan siswa dan soal (Pretest-Posttest) dengan tujuan membandingkan hasil uji pretest dan posttest antara kelas XI TG 1 yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TG 2 pembelajaran menggunakan media modul cetak. Ahli materi memberi penilaian validasi sebesar 82,77% yang dikategorikan sangat valid, sedangkan penilaian validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 89,63% yang dikategorikan sangat valid. Penilaian praktikalitas kepada guru, memperoleh penilaian sebesar 87,87% yang dikategorikan sangat praktis dan dari siswa memperoleh penilaian praktikalitas sebesar 84,75 yang dikategorikan sangat praktis. Media modul yang sudah dinilai baik, kemudian diuji efektivitasnya pada siswa. Terdapat adanya peningkatan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran Survey Terrestris sesudah diberikan pembelajaran dengan media modul. Berdasarkan hasil belajar pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 51,29 dan rata-rata postest 76,61. Sedangkan hasil belajar pada kelas eksperimen nilai pretest 59,26 terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata posttest 80,74. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media modul lebih efektif dari pada metode ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
CorrectorSandra, NevyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, MODUL PEMBELAJARAN, TEKNIK SIPIL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:26
Last Modified: 09 Oct 2023 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47180

Actions (login required)

View Item View Item