Analisis Ketersediaan Air pada Daerah Aliran Sungai Batang Koto Gunung Kecamatan Batang Kapas dalam Upaya Pemenuhan Berbagai Kebutuhan

Dina, Lorenza (2023) Analisis Ketersediaan Air pada Daerah Aliran Sungai Batang Koto Gunung Kecamatan Batang Kapas dalam Upaya Pemenuhan Berbagai Kebutuhan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_DINA_LORENZA_19323005_4607_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui neraca air (water balance) antara ketersediaan dan kebutuhan air pada DAS Batang Koto Gunung di Kecamatan Batang Kapas. Secara geografis, DAS Batang Koto Gunung terletak antara 1°26’25.21 LS dan 100°39’55.99 BT pada ketinggian 0-22 meter di bawah permukaan laut. Kebutuhan air akan terus menerus meningkat seiring berjalannya waktu sedangkan ketersediaan air akan meningkat, tetap, ataupun menurun. Penulis melakukan analisis neraca air dari tahun 2021 sampai tahun 2041 sehingga di dapatkan nilai selisih antara ketersediaan air dan kebutuhan air pada sektor irigasi, domestik, perikanan, dan peternakan. Data curah hujan diambil selama 10 tahun (2012-2021) dari tiga stasiun hujan yaitu Stasiun Batang Kapas, Stasiun Panjang Surantih, dan Stasiun Koto Salapan. Setelah menghitung curah hujan rata-rata menggunakan Metode Aritmatika kemudian dilakukan perhitungan debit andalan dengan menggunakan Metode NRECA dan di dapatkan nilai debit andalannya sebesar 3,22 m³/detik. Sehingga akan dipakai nilai debit andalan Metode NRECA untuk meminimalisir terjadinya kesalahan penghitungan ketersediaan air pada DAS Batang Koto Gunung. Jumlah kebutuhan air adalah total kebutuhan dari masing-masing sektor yang telah dihitung sesuai dengan rumus kebutuhan air. Berdasarkan hasil analisis neraca air menyatakan bahwa ketersediaan air di DAS Batang Koto Gunung mengalami surplus atau kelebihan air maka mampu dalam melayani kebutuhan air dari sektor irigasi, domestik ,perikanan, dan peternakan yang ada dari tahun 2021-2041.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorArbi, YaumalUNSPECIFIED
CorrectorJufri, Windry NofaluaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NERACA AIR, METODE ARITMATIKA, DAERAH ALIRAN SUNGAI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:42
Last Modified: 09 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47176

Actions (login required)

View Item View Item