Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus: Simpang Empat Jati Fakultas Kedokteran UNAND Padang)

Tarisma, Dara (2023) Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus: Simpang Empat Jati Fakultas Kedokteran UNAND Padang). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_DARA_TARISMA_18323027_376_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan yang menimbulkan kemacetan di jalan disebabkan adanya hambatan samping pada simpang tersebut. Salah satu persimpangan yang cukup ramai di pusat Kota Padang adalah simpang empat Jati Fakultas Kedokteran UNAND. Pada persimpangan ini, terjadi kemacetan yang disebabkan oleh banyaknya hambatan samping dan kesadaran pengendara masih rendah dalam berlalu lintas saat melewati simpang dikarenakan belum adanya prasarana infrastruktur seperti lampu lalu lintas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kinerja simpang tak bersinyal pada simpang Jati Fakultas Kedokteran UNAND dengan metode MKJI 1997. Hasil penelitian pada simpang Jati Fakultas Kedokteran UNAND menunjukkan bahwa kapasitas maksimum simpang tersebut pada hari kerja adalah 2836 smp/jam dan kapasitas pada hari libur adalah 2776 smp/jam dengan derajat kejenuhan 1,05 dan 1,26 berada pada level F. Solusi alternatif I diusulkan untuk memperbaiki kinerja simpang Jati Fakultas Kedokteran UNAND dengan melakukan pelebaran jalan utama (Perintis Kemerdekaan) pada simpang Fakultas Kedokteran UNAND dari 6 meter menjadi 10 meter dengan menutup parit yang menggunakan Box Culvert (Gorong-gorong), setelah itu dicor dan dijadikan jalan utama. Solusi alternatif II yaitu rekayasa arus lalu lintas kendaraan satu arah dari simpang Jati Fakultas Kedokteran UNAND menuju Fakultas Kedokteran UNAND. Penerapannya yaitu pada jam sibuk seperti pada pagi hari, kendaraan dari simpang Jati Fakultas Kedokteran UNAND yang akan menuju ke Fakultas Kedokteran UNAND boleh melewati simpang tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KINERJA, TEKNIK SIPIL, JALAN
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:11
Last Modified: 09 Oct 2023 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47175

Actions (login required)

View Item View Item