Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Seni Patung Kelas IX di SMP Negeri 12 Padang

Afifah, Nabilah Kurnia (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Seni Patung Kelas IX di SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_NABILAH_KURNIA_AFIFAH_18020049_5429_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash materi seni patung yang valid dan 2) menghasilkan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash materi seni patung yang praktis. Jenis Penelitian yang dikembangkan adalah R&D (penelitian dan pengembangan) yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk dan menguji produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan) dan evaluation (evaluasi). Subjek uji validitas yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan subjek implementasi yaitu pendidik dan peserta didik kelas IX SMP Negeri 12 Padang. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket berupa angket validasi ahli media, materi dan bahasa serta angket kepraktikalitasan oleh pendidik dan peserta didik. Hasil validasi dari keempat ahli diperoleh skor persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. Skor validasi media sebesar 96%, skor validasi materi I dan II sebesar 95% dan 92% serta skor validasi bahasa sebesar 100% dan keempatnya berada pada kriteria sangat valid. Hasil praktikalitasan dari pendidik mendapat skor sebesar 95% (sangat praktis) dan hasil praktikalitas peserta didik sebesar 93,5% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorHafizh, AbdUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, MACROMEDIA FLASH, SENI PATUNG, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:07
Last Modified: 09 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47159

Actions (login required)

View Item View Item