Fedita, Deva
(2023)
Pengaruh Interaksi Edukatif dengan Kecanduan
Smartphone pada Peserta Didik di SMA Negeri 10 Sijunjung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Interaksi edukatif merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara
sengaja ole guru terhadap peserta didik dengan tujuan mengubah pola perilaku
peserta didik menjadi lebih dewasa sesuai dengan aturan yang berlaku, yang
bersifat aktif antara guru dengan peserta didik. Kecanduan smartphone merupakan
suatu kondisi dimana peserta didik sulit untuk mengendalikan diri dalam
penggunaan smartphonenya.
Penlitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh yang
signifikan antara interaksi edukatif dengan kecanduan smartphone terhadap
peserta didik di SMA negeri 10 Sijunjung. Penelitian ini menggunakan satu
variabel bebas yaitu interaksi edukatif dan satu variabel terikat yaitu kecanduan
smartphone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian ex post de facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 163 orang
peserta didik dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 116 orang peserta
didik yang diambil dengan teknik random sampling. Instrument penelitian yang
digunakan berupa angket dan dianalisis dengan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat adanya pengaruh antara
variabel interaksi edukatif dengan variabel kecanduan smartphone yaitu nilai
diketahui nilai F hitung 3207,892 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang
artinya kurang dari 0,05, yang artinya adanya pengaruh variabel interaksi edukatif
dengan variabel kecanduan smartphone. Berdasarkan tabel model summary uji
regresi linear sederhana di atas dapat menjelaskan besarnya nilai hubungan R
yaitu 0,983 dari output tersebut diperoleh nilai determinasi atau R square sebesar
0,966 yang artinya pengaruh variabel interaksi edukatif terhadap pengaruh
variabel kecanduan smartphone sebesar 96,9%.
Actions (login required)
|
View Item |