Identifikasi Kondisi Wilayah dan Analisis Spasial Kawasan Rekomendasi Konservasi Mangrove dan Terumbu Karang (Studi Kasus Kawasan Mandeh Sumatera Barat)

Sartika, Dewi (2023) Identifikasi Kondisi Wilayah dan Analisis Spasial Kawasan Rekomendasi Konservasi Mangrove dan Terumbu Karang (Studi Kasus Kawasan Mandeh Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DEWI_SARTIKA_17136089_2388_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengidentifikasi kondisi eksisting secara sosial, ekonomi, dan ekologi dalam pemanfaatan ruang daratan dan pesisir di Kawasan Pesisir Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan 2) Mengidentifikasi kawasan rekomendasi konservasi mangrove dan terumbu karang di Kawasan Pesisir Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif, Data yang digunakan dalam penelitian berupa data sekunder yaitu Citra Resolusi Tinggi, shapefile RTRW Kawasan Mandeh, data sekunder sosial, ekonomi, dan ekologi serta potensi sumber daya pesisir pada kawasan mandeh tahun 2020. Teknik Analisis yang digunakan adalah Metode Overlay dan Marxan yang digunakan untuk mengetahui kawasan rekomendasi konservasi mangrove dan terumbu karang yang berada di Kawasan Pesisir Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan . Hasil dari penelitian ini menunjukan di Kawasan Pesisir Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan memiliki keadaan sosial dan ekonomi yang baik, dimana masyarakat disana sangat terkenal akan keramah tamahannya dan perekonomian yang menonjol yaitu kawasan pariwisata dan perikanan serta pertanian. Kawasan ini memiliki luas 4.118,92 Ha dengan kawasan terluas Rawa/Nipah yaitu 1.029,32 Ha. Hasil Peta Marxan with Zone dapat disimpulkan bahwa luas kawasan konservasi yang sangat direkomendasikan untuk terumbu karang dan mangrove di Kecamatan Koto XI Tarusan memiliki luas ± 702 Ha, dan kawasan yang direkomendasikan dengan luas 20.097 Ha, serta cukup direkomendasikan 1.759 Ha. Sedangkan untuk kawasan yang tidak direkomendasikan memiliki luas 2.432 Ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFebriandi, FebriandiUNSPECIFIED
CorrectorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorTriyatno, TriyatnoUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:23
Last Modified: 06 Oct 2023 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47140

Actions (login required)

View Item View Item