Bentuk Aktivitas Ekstrakurikuler ROHIS dalam Memperbaiki Akhlak Peserta Rohis di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Padang

Alkhairi, Aulia Azmi (2023) Bentuk Aktivitas Ekstrakurikuler ROHIS dalam Memperbaiki Akhlak Peserta Rohis di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AULIA_AZMI_ALKHAIRI_19329005_5146_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bentuk aktivitas mentoring keislaman dalam memperbaiki akhlak kepada Allah pada peserta ROHIS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Padang, mengetahui bentuk aktivitas pelatihan tahsin dan tilawah Alquran dalam memperbaiki akhlak kepada Allah pada peserta ROHIS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Padang, mengetahui bentuk aktivitas forum annisa dalam memperbaiki akhlak kepada Allah pada peserta ROHIS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Padang. Sumber data diambil dari dua belas orang informan melalui wawancara langsung yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Dua belas orang informan tersebut terdiri dari sembilan orang peserta ROHIS dan tiga orang pembina ROHIS. Seluruh hasil wawancara kemudian dianalisis secara sistematis melalui empat langkah kegiatan analisis yaitu (pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan). Secara keseluruhan hasil analisis menunjukkan: Pertama, terkait bentuk aktivitas mentoring keislaman dalam memperbaiki akhlak kepada Allah pada peserta ROHIS ditemukan tiga bentuk kegiatan, tiga bentuk kegiatan tersebut yaitu: i) membaca Alquran, ii) kajian keislaman, iii) sesi diskusi dan tanya jawab. Dari tiga bentuk kegiatan mentoring keislaman tersebut ditemukan empat akhak kepada Allah yang diperbaiki yaitu, (i) meningkatkan keimanan terhadap Alquran, (ii) meningkatkan kualitas ibadah, (iii) meningkatkan pemahaman tentang agama, (iv) meningkatkan kepedulian terhadap orang lain. Kedua, terkait bentuk aktivitas pelatihan tahsin dan tilawah Alquran dalam memperbaiki akhlak kepada Allah pada peserta ROHIS ditemukan satu bentuk kegiatan, satu bentuk kegiatan tersebut yaitu, (i) membaca Alquran. Dari satu bentuk kegiatan pelatihan tahsin dan tilawah Alquran tersebut ditemukan dua akhlak kepada Allah yang diperbaiki yaitu, (i) meningkatkan keimanan terhadap Alquran, dan (ii) memperbaiki bacaan Alquran. Ketiga, terkait bentuk aktivitas forum annisa dalam memperbaiki akhlak kepada Allah pada peserta ROHIS ditemukan satu bentuk kegiatan, satu bentuk kegiatan tersebut yaitu, (i) kajian kemuslimahan. Dari satu bentuk kegiatan forum annisa tersebut ditemukan empat akhlak kepada Allah yang diperbaiki yaitu, (i) meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, (ii) meningkatkan pemahaman tentang agama, (iii) menutup aurat, dan (iv) menjaga pergaulan dengan lawan jenis. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data awal untuk penelitian berikutnya dalam mengkaji isu-isu yang berbeda terkait dengan permasalahan ini beserta isu lainnya yang relevan dengan konteks ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:23
Last Modified: 06 Oct 2023 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47138

Actions (login required)

View Item View Item