Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP

Putri, Ramayani Eka (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Ramayani_Eka_Putri_17004144_1867_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasakan masalah yang terdapat di SMP Negeri 4 Padang pada mata pelajaran IPA kelas VIII, terdapat permasalahan yaitu kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPA, guru yang kurang terampil dalam menggunakan media pembelajaran, kurangnya siswa memperhatikan guru ketika sedang menerangkan pelajaran, mengobrol dengan teman yang lain, dan ada juga yang hanya duduk termenung ataupun mengantuk di kelas. Media pembelajaran interaktif ini dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk sebagai media pembelajaran yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan media pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP menujukan bahwa prosedur pengembangan ini dimulai dari tahap studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan, kedua tahap pengembangan media pembelajaran interaktif. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi sudah “sangat sesuai” dengan media, sedangkan dari aspek media sudah “sangat layak” digunakan. Untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “sangat praktis”. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa media interaktif pada mata pelajaran IPA sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorAzman, AzmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:11
Last Modified: 06 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47137

Actions (login required)

View Item View Item