Pengembangan Media Video Tutorial pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK kelas VIII SMP

Meitika, Putri (2022) Pengembangan Media Video Tutorial pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Putri_Meitika_17004031_1975_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran yaitu kurangnya media yang digunakan guru selama proses pembelajaran, video pembelajaran yang diberikan guru dari Youtube kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan alokasi waktu dalam pembelajaran bimbingan TIK yang singkat. Berdasarkan permasalahan di atas dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan kurang semangat dalam belajar sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa di bawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan baik guru ataupun siswa agar mudah memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran Bimbingan TIK ini adalah video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran Bimbingan TIK kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istiah Research and Development (R & D) dengan mengunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Uji validitas produk yang dikembangkan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang validator ahli materi dan dua orang validator ahli media. Uji coba atau praktikalitas dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan jumlah responden sebanyak 22 siswa dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dari media video tutorial yang dikembangkan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran angket. Hasil pengembangan media pembelajaran video tutorial ini melalui uji validitas dan praktikalitas. Uji validasi materi memperoleh rata-rata 4,70 dengan kategori “Sangat Valid”. Uji validasi media dari validator I memperoleh rata-rata 4,87 dengan kategori “Sangat Valid” dan validator II memperoleh rata-rata 5,00 dengan kategori “Sangat Valid”. Uji praktikalitas dengan memperoleh rata-rata 4,52 dengan kategori “Sangat Praktis”. Jadi, berdasarkan uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk media video tutorial ini telah valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:01
Last Modified: 06 Oct 2023 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47136

Actions (login required)

View Item View Item