Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII di SMP Negeri 25 Padang

Safira, Mutia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII di SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Mutia_ Safira _17004093_253_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena pada proses pembelajaran Bimbingan TIK dimana jam pelajaran yang terlalu singkat dan model pembelajaran konvensional yang masih diterapkan oleh guru, akibatnya hasil pembelajaran siswa rendah. Oleh sebab itu dianggap perlu melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang terjadi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) kepada siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bimbingan TIK kelas VIII di SMP Negeri 25 Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah 252 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampelnya adalah siswa kelas VIII.6 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.3 (kelas kontrol). Instrumen dalam mengumpulkan data berupa Tes. Jenis data penelitian adalah data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) yaitu 88 dan model pembelajaran konvensional yaitu 77,13. Berdasarkan perhitungan t-tes, diperoleh thitung 3.568 dan ttabel 1.7011 pada taraf signifikan α0,05. Jadi thitung > ttabel. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan hasil belajar model pembelajaran konvensional yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bimbingan TIK di SMPN 25 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:31
Last Modified: 05 Oct 2023 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47133

Actions (login required)

View Item View Item