Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Aplikasi Bandicam pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII di SMP

Andriani, Mega (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Aplikasi Bandicam pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Mega_ Andriani_17004059_149_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional dan hanya berisi teks-teks untuk dibaca, serta alokasi waktu pembelajaran yang sedikit sering mengakibatkan kegiatan praktek tidak berjalan dengan maksimal sehingga mengakibatkan kurang antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran video tutorial ini dapat menjadi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran sehingga membangun ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial yang sesuai dengan kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran video tutorial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall disederhanakan menjadi 5 langkah, yaitu perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba terbatas, produk akhir. Produk hasil pengembangan dinilai oleh 2 orang validator materi yakni guru Mata Pelajaran Bimbingan TIK di SMP Negeri 3 Padang Panjang dan 2 orang validator media yakni dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Penilaian uji praktikalitas dilakukan oleh 15 orang siswa kelas VIII.D SMP Negeri 3 Padang Panjang. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi dikategorikan “sangat valid” dengan memperoleh rata-rata sebesar 4,8 dengan persentase 96% dari validator I dan II. Hasil penilaian validitas untuk aspek media dikategorikan “sangat valid” dengan memperoleh rata-rata sebesar sebesar 4,07 dan persentase 81% dari validator I dan memperoleh rata-rata sebesar 4,9 dan persentase 98% dari validator II. Hasil uji praktikalitas yang dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VIII.D di SMP Negeri 3 Padang Panjang dikategorikan “sangat praktis” dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar sebesar 4,65 persentase 93%. Dengan demikin pengembangan media pembelajaran video tutorial yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran dan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:53
Last Modified: 05 Oct 2023 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47124

Actions (login required)

View Item View Item