Pengembangan Media Pembelajaran Video Motion Graphic pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Siswa Kelas VIII SMP.

Prabowo., Hari (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Motion Graphic pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Hari_Prabowo_17004013_225_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran yakni karena guru tidak menerapkan media pembelajaran yang menarik dan hanya mengandalkan buku teks sehingga siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran. Pada saat sekarang situasi pembelajaran yang terkadang secara online (daring) dan tatap muka menambah minat belajar siswa kurang efektif. Pengembangan media pembelajaran video motion graphic ini dapat menjadi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran untuk membangun ketertarikan dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Pada penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE untuk menghasilkan media pembelajaran tersebut .Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi 1 kompetensi dasar. Produk hasil pengembangan dinilai oleh 1 orang ahli materi yakni guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 14 Kerinci dan 2 orang ahli media yakni dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Hasil uji validitas produk oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4,88, untuk aspek media berada dikategori “sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,5 dan validator II sebesar 4,63. Selanjutnya, uji coba kepraktisan produk dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Kerinci, untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “sangat praktis” dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,48. Dapat disimpulkan bahwa video motion graphic pembelajaran IPS valid dan praktis digunakan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:52
Last Modified: 05 Oct 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47122

Actions (login required)

View Item View Item