Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs.

Fardilla, Febby (2022) Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Febby _Fardilla _17004006_2077_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media video animasi pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kurangnya ketertarikan siswa terhadap media yang digunakan guru sehingga menyebabkan kebosanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Media video animasi ini dikembangkan dengan memuat teks, karakter animasi, gambar, suara dan GIF yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi berupa CD/DVD yang valid dan praktis sesuai kriteria kelayakan materi dan media pada materi Recount Text dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D). Tahapan pengembangan yang dilaksanakan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap Define terdiri analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis konsep. Tahap Design adalah tahap perancangan media video animasi pembelajaran. Tahap Develop merupakan tahap uji kelayakan media dengan 2 orang validator media dan 1 orang validator materi, kemudian dilakukan uji praktikalitas kepada siswa kelas VIII 4 yang berjumlah 13 orang di SMP N 4 Padang Panjang. Tahap akhir pengembangan ini adalah Disseminate yaitu penyebaran media berupa CD video animasi pembelajaran kepada guru bidang studi dan file video pembelajaran untuk siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran angket, dokumentasi dan format penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif yang diperoleh dari kritik dan saran dari ahli dan metode kuantitatif didapat dari pengisian angket penilaian. Hasil uji kelayakan media berada pada kategori “Sangat Layak” dengan perolehan persentase nilai dari Validator 1 sebesar 100% dan Validator 2 sebesar 98%. Hasil uji kelayakan materi oleh Validator Materi berada pada kategori “Sangat Layak” dengan persentase 98%. Berdasarkan uji coba praktikalitas, produk media video animasi pembelajaran ini berada pada kategori “Sangat Praktis” dengan perolehan persentase sebesar 93%. Jadi, berdasarkan hasil uji kelayakan media dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk media video animasi pembelajaran ini telah layak dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:51
Last Modified: 05 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47117

Actions (login required)

View Item View Item