Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire di Kelas VIII SMP

Wahyudi, Dicky (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Dicky _Wahyudi _17004079_1855_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire di Kelas VIII SMP agar menghasilkan suatu bahan ajar berbentuk LKPD berbasis media interaktif yang valid dan layak digunakan oleh guru dan siswa. LKPD dalam bentuk media interaktif menjadikan siswa lebih penasaran dengan isi LKPD tersebut karena dirancang dengan inovasi teknologi yang memuat teks, gambar, audio,dan video. Sehingga menambah minat belajar siswa. Jenis pebelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan menggunakan mode ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Uji validitas produk yang dikembangkan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji coba atau praktikalitas produk dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP dengan jumlah 29 siswa untuk menguji kepraktisan produk media LKPD Interaktif mata pelajaran IPA kelas VIII SMP yang telah dirancang. Berdasarkan hasil penilaian dari validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi rata-rata sebesar 3,97 dikategorikan “Sangat Valid”, hasil validasi dari dua orang validator media diperoleh rata-rata sebesar 3,92 dikategorikan “Sangat Valid”. Media interaktif ini sangat praktis berdasarkan uji Praktikalitas dengan rata-rata nilai 3,92. Berdasarkan hasil uji validalitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire di Kelas VIII SMP yang dikembangkan layak digunakan pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:51
Last Modified: 05 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47115

Actions (login required)

View Item View Item