Sari, Annisa Purnama
(2023)
English Students' Difficulties with Parallel Structure in the Structure and Written Expression Section in TOEFL Test.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa bahasa Inggris terhadap struktur paralel dalam tes TOEFL. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di Universitas Negeri Padang tahun akademik 2019. Untuk mengumpulkan data, peneliti mengadakan tes tata bahasa. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan beberapa langkah, antara lain mengklasifikasikan jawaban siswa menjadi benar atau salah, menghitung nilai tes siswa, menghitung persentase kesulitan tiap keterampilan, dan menentukan tingkat kesulitan tiap soal. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal TOEFL yang berkaitan dengan struktur paralel pada bagian struktur dan ungkapan tertulis. Hal ini terlihat pada rata-rata nilai tes siswa yaitu 56. Struktur paralel dengan perbandingan merupakan keterampilan yang paling sulit dengan persentase 46,3%. Selain itu, keterampilan yang berkaitan dengan struktur paralel dengan konjungsi koordinat mendapatkan persentase kesulitan siswa sebesar 45,6%, sedangkan keterampilan yang berhubungan dengan struktur paralel dengan konjungsi berpasangan mendapatkan persentase kesulitan siswa sebesar 41%. Berdasarkan hasil penghitungan tingkat kesulitan soal, terdapat 2 soal dengan kategori sulit, 21 soal dengan kategori sedang, dan 7 soal dengan kategori mudah.
Actions (login required)
|
View Item |