Kontrol Sosial Masyarakat pada Anak-Anak yang Bermain Game Online di Warung Wifi jorong Koto Birah, Nagari Pulakek, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan

Budiman, Arif (2023) Kontrol Sosial Masyarakat pada Anak-Anak yang Bermain Game Online di Warung Wifi jorong Koto Birah, Nagari Pulakek, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ARIF_BUDIMAN_16058035_1803_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat kontrol sosial masyarakat pada anak-anak yang bermain game online di warung wifi di Jorong Koto Birah, Nagari Pulakek, Kecamartan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Dalam beberapa tahun terakhir maraknya game online dan wifi menjadi perhatian bagi masyarakat Jorong Koto Birah, dimana anak-anak yang bermain game online di warung wifi bermain larut 8 hingga 10 jam perhari hal ini menimbulkan kecemasan di kalangan masyarakat khususnya para orang tua, dimana para anak-anak yang bermain game online rentan mengalami kecanduan game online, merasa gelisah, penurunan prestasi akademik, relasi sosial dan kesehatan. Tujuan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kontrol sosial masyarakat pada anak-anak yang bermain game online di warung wifi jorong Koto Birah, Nagari Pulakek, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Dalam menganalisis penelitian ini peneliti menggunakan teori kontrol sosial dikemukakan oleh Travis Harschi. Teori ini menjelaskan bahwa penyimpangan merupakan hasil dari kekosongan kontrol atau pengendalian. Teori ini mengembangkan empat fungsi untuk mengendalikan individu, keempat unsur utama teori kontrol sosial yaitu attachment atau kasih sayang, commitment atau tanggung jawab, involement atau keterlibatan, believe atau kepercayaan. Keempat hal tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (case study). Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan 15 orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif pasif wawancara mendalam dan dokumentasi Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa bentuk kontrol sosial yang di masyarakat di Jorong Koto Birah diantaranya yaitu memberikan teguran, yang kedua memberikan pengawasan, yang ketiga memberikan ancaman yang terdiri dari mengancam mematikan wifi, mengancam mengusir dari warung wifi dan yang terakhir pemberian sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasmira, Mira HastiUNSPECIFIED
CorrectorFitriani, ErdaUNSPECIFIED
CorrectorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:26
Last Modified: 05 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47105

Actions (login required)

View Item View Item