Metode Pendidikan dalam Prespektif Al-Zarnuji pada Kitab Ta’lim Al- Muta’alim

Asnimar, Asnimar (2023) Metode Pendidikan dalam Prespektif Al-Zarnuji pada Kitab Ta’lim Al- Muta’alim. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ASNIMAR_21329160_92_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di sekolah yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tertentu mengalami berbagai macam kendala yang dihadapi. Inti dari masalah-masalah tersebut adalah terjadinya missed understanding atau missed communication antara kedua belah pihak, maka akhirnya berakibat fatal. Tujuan penelitian ini adalah membahas biografi syekh az zarnuji, kandungan kitab Ta’lim al-muta’alim dan metode pendidikan dalam kitab Ta’lim Al-Muta’alim. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan pendekatan kualitatif dan penekatan analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumenter, dan analisis data menggunakan analisis isi atau content analisis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) biografi syekh Al-zarnuji, 2) isi/kandungan kitab Ta’lim al-muta’alim dan 3) metode pendidikan dalam kitab Al-Muta’allim. Secara umum kita ketahui bahwa seorang pendidik dalam mengajar haruslah memiliki metode supaya proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Dalam mengajar Al-Zarnuji menggunakan beberapa metode seperti, metode ceramah, diskusi, hafalan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorWirza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:24
Last Modified: 05 Oct 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47101

Actions (login required)

View Item View Item