Asnimar, Asnimar
(2023)
Metode Pendidikan dalam Prespektif Al-Zarnuji pada Kitab Ta’lim Al-
Muta’alim.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dalam proses belajar mengajar di sekolah yang dilakukan oleh guru mata
pelajaran tertentu mengalami berbagai macam kendala yang dihadapi. Inti dari
masalah-masalah tersebut adalah terjadinya missed understanding atau missed
communication antara kedua belah pihak, maka akhirnya berakibat fatal. Tujuan
penelitian ini adalah membahas biografi syekh az zarnuji, kandungan kitab Ta’lim
al-muta’alim dan metode pendidikan dalam kitab Ta’lim Al-Muta’alim.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan pendekatan
kualitatif dan penekatan analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik dokumenter, dan analisis data menggunakan analisis isi atau content analisis.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) biografi
syekh Al-zarnuji, 2) isi/kandungan kitab Ta’lim al-muta’alim dan 3) metode
pendidikan dalam kitab Al-Muta’allim. Secara umum kita ketahui bahwa seorang
pendidik dalam mengajar haruslah memiliki metode supaya proses belajar mengajar
dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Dalam mengajar Al-Zarnuji
menggunakan beberapa metode seperti, metode ceramah, diskusi, hafalan dan
keteladanan.
Actions (login required)
|
View Item |