Alfionita, Vanni
(2022)
Efektivitas Balok Bacaan Braille Arab dalam Upaya Melatih Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Braille Arab bagi Tunanetra (single subject research
kelas XI di SMK N 7 Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada anak
tunanetra kelas XI di SMK N 7 Padang, yang mengalami permasalahan dalam
mengenal huruf hijaiyah braille arab dimana anak sama sekali tidak tahu dan tidak
pernah belajar ataupun diajarkan mengenai huruf hijaiyah braille arab. Berdasarkan
permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan media
balok bacaan braille arab dapat digunakan untuk mengenalkan huruf hijaiyah braille
arab pada anak tunanetra. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain
A-B-A dengan metode single subject research (SSR) dan target behavior yaitu
mengenal huruf hijaiyah arab braille dari Alif (١)– Ya (ي).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media balok bacaan braille arab
efektif digunakan untuk mengenalkan huruf hijaiyah braille arab pada anak
tunanetra. Pada analisis dalam kondisi dengan jumlah variabel yang dianalisis
dengan hasil analisis kecenderungan stabilitas pada kondisi (A1) 0%, (B) + 33,33%
dan (A2) + 100%. Pada analisis antar kondisi berupa Persentase overlape pada
kondisi baseline (A1) dengan kondisi intervensi sebesar sebesar 0% dan pada
kondisi baseline setelah intervensi (A2) dengan kondisi intervensi sebesar 44,44%.
Angka 100% membuktikan bahwa hipotesis diterima dan media balok bacaan
braille arab dapat digunakan dalam mengenalkan huruf hijaiyah braille arab.
Actions (login required)
|
View Item |