Syafrina, Meldia
(2022)
Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Transisi Pasca Sekolah Anak Gangguan Spektrum Autisme”(Deskriptif Kualitatif).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua terhadap pendidikan
transisi pasca sekolah anak gangguan spektrum autisme SLB Autisma YPPA Padang.
Fokus penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagimana dukungan orang tua terhadap
pendidikan transisi pasca sekolah anak gangguan spektrum autisme SLB Autisma YPPA
Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pada
umumnya dilakukan dengan tujuan utama yaitu menggambarkan secara sistematis, fakta
dan subjek yang diteliti secara tepat subjek dalam penelitian ini adalah orang tua anak
(GSA) SLB Autisma YPPA Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik kebasahan data melalui
pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi mengunakan bahan referensi dan
melakukan memberchek.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing orang tua yang memiliki
anak GSA memberikan dukungan terhadap pendidikan transis pasca sekolah melalui
program-program yang dilaksanakan disekokah melalui dukungan emosional oramg tua
memberi dukungan emosional berupa empati, perhatian dan kasih sayang terhadap anak,
dukungan instrumental yaitu berupa fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan anak,
dukungan otonom dengan memberikan arahan, nasehat serta solusi, dan dukungan
direktif yaitu orang tua memberikan penghargaan terhadap anak.
Actions (login required)
|
View Item |