Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Pembelajaran bagi Siswa Disleksia Kelas III di SDN 09 Koto Luar

Sopiani, Indri Ali (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Pembelajaran bagi Siswa Disleksia Kelas III di SDN 09 Koto Luar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Indri_Ali_Sopiani_17003090_624_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen pembelajaran bahasa yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan membaca. Bagi siswa disleksia (kesulitan belajar membaca), hal tersebut merupakan momok yang menakutkan. Masalah ini ditemukan di SDN 09 Koto Luar. Dimana siswa memiliki kemampuan membaca yang rendah berdasarkan hasil studi pendahuluan dan asesmen membaca. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat seberapa besar pengaruh media video pembelajaran pada kemampuan membaca permulaan seorang siswa disleksia kelas 3 di SDN 09 Koto Luar. Penelitian ini berfokus pada pengukuran perilaku dibidang akademik yakni kemampuan membaca permulaan lebih tepatnya kemampuan membaca kata yang terdapat huruf j dan huruf t didalam kata dengan benar baik pada posisi awal kata, tengah kata, atau diakhir kata. Metode eksperimen SSR (Single-Subject-Research) digunakan untuk penelitian ini, mempertimbang subjek penelitian satu orang siswa dari pengamatan 14 orang siswa yang hadir pada jadwal pembelajaran luring, menggunakan desain reversal A-B-A. Pada baseline (A1) dilakukan tiga kali pertemuan dengan persentase kata benar yaitu 20%, 20%, 20%. Kemudian kondisi intervensi (B) selama delapan kali pertemuan, hasilnya 50%, 83,3%, 63,3%, 86,6%, 93,3%, 100%, 100%, 100%. Untuk persentase kata benar pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan tiga kali pertemuan, yaitu 100%, 100%, 100%. Data dianalisis dengan metode analisis visual-grafik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa intervensi menggunakan media video pembelajaran memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan kemampuan siswa disleksia dibidang kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:28
Last Modified: 04 Oct 2023 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47074

Actions (login required)

View Item View Item