Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Materi Gambar Model di MTs N 02 Mukomuko

Rahma, Mia Widia (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Materi Gambar Model di MTs N 02 Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_MIA_WIDIA_RAHMA_18020045_3283_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran seni rupa dengan berbasis model pembelajaran project based learning materi gambar model yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas VIII MTs N 02 Mukomuko. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Reseacrh and Development (R&D). Model penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974) dengan 4 tahapan yakni define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar validasi untuk mendapatkan validitas produk dengan 4 ahli (media, lay out, bahasa dan materi) serta lembar angket praktikalitas pendidik dan peserta didik untuk mendapatkan data praktikalitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, modul pembelajaran seni rupa yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan data tingkat validitas modul pembelajaran seni rupa berbasis model pembelajaran project based learning materi gambar model dengan kriteria sangat valid dan presentase sebesar 91,4 %. Selanjutnya tingkat praktikalitas modul pembelajaran yang diperoleh dari respon pendidik sebesar 96% (sangat praktis) dan respon peserta didik sebesar 97%(sangat praktis). Kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti dari penelitian ini adalah modul pembelajaran seni rupa berbasis model pembelajaran project based learning materi gambar model yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di MTs N 02 Mukomuko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN, PROJECT BASED LEARNING, GAMBAR MODEL
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:05
Last Modified: 04 Oct 2023 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47068

Actions (login required)

View Item View Item