Syafri, Maria (2023) Bentuk dan Bahasa pada Iklan Layanan Masyarakat melalui Instagram. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B_01_MARIA_SYAFRI_18016162_3223_2023.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah bentuk dan bahasa pada iklan layanan masyarakat yang diunggah melalui instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan bentuk-bentuk iklan layanan masyarakat yang terdapat dalam instagram. Kedua, mendeskripsikan penggunaan bahasa iklan yang terdapat pada iklan layanan masyarakat melalui instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk dan bahasa pada iklan layanan masyarakat yang diperoleh dari beberapa postingan instagram. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ada dua sebagai berikut. Pertama, iklan layanan masyarakat berdasarkan isinya ditemukan 11 iklan tentang kesehatan, 9 iklan tentang covid-19, 6 iklan tentang lingkungan, 3 iklan tentang narkoba, 2 iklan tentang media elektronik, 2 iklan tentang eksploitasi sosial dan 7 tentang media sosial. Semua iklan layanan masyarakat bersifat non komersial. Tujuan iklan layanan masyarakat tersebut adalah untuk menginformasikan dan mengajak masyarakat. Kedua, iklan layanan masyarakat menggunakan gaya bahasa yang menarik, pemilihan kata yang tepat dan mudah dipahami, menggunakan slogan yang menarik dan mudah diingat, menggunakan kalimat persuasif yang bersifat mengajak dan menginformasikan masyarakat, serta sudut pandang orang pertama tunggal, orang kedua, dan orang ketiga. Untuk penggunaan bahasa iklan layanan masyarakat di instagram hampir sama dengan iklan layanan masyarakat pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada pemilihan kata (diksi) pada caption iklan layanan masyarakat yang cenderung tidak baku dan menggunakan bahasa gaul yang mudah dipahami masyarakat. Bahasa iklan layanan masyarakat di instagram memperhatikan kehematan kata dan kelogisan kata yang digunakan. Untuk menambah ketertarikan masyarakat terhadap iklan masyarakat yang ditampilkan di instagram, akun yang menyebarkan berusaha untuk memahami kebutuhan masyarakat seperti pada bidang kesehatan, lingkungan dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | IKLAN LAYANAN MASYARAKAT | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2023 02:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2023 02:05 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47067 |
Actions (login required)
View Item |