Hakim, Agustina
(2022)
Efektivitas Media Quiet Book dalam Meningkatkan Pemahaman Kosakata Benda untuk Anak Tunarungu Kelas V Sekolah Dasar Luar Biasa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemahaman kosakata pada Anak tunarungu memang rendah, dengan
memberikan pengaruh yang besar kepada Anak. Penelitian ini dilakukan dengan
latar belakang seorang Anak tunarungu kelas V yang memiliki kosakata yang
minim. Pemberian layanan untuk meningkatkan kosakata Anak dibutuhkan.
Peneliti menggunakan media quiet book dalam peningkatkan pemahaman
kosakata benda pada Anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
efektivitas dari media quiet book dalam meningkatkan pemahaman kosakata
benda pada Anak tunarungu kelas V Sekolah Dasar Luar Biasa.
Desain penelitian menggunakan metode eksperimen dengan subjek
tunggal (SSR) menggunakan desai A – B – A. Penelitian pada setiap kondisi
dilakukan sebanyak 13 pertemuan, kondisi baseline (A1) yang dilakukan
sebanyak 4 pertemuan, pada kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak 6
pertemuan dengan dan terakhir pada kondisi baseline (A2) 3 pertemuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.
Hasil dari penelitian ini adalah Pertemuan pada kondisi baseline (A1)
adalah 33,33%, 38,09%, 33,33% dan 33,33%, Pertemuan pada kondisi intervensi
(B) adalah 66,66%, 85,71%, 76,19%, 95,23%, 100% dan 100% dengan
kesimpulan Anak sudah baik dalam pemahaman kosakata. Pada kondisi baseline
(A2) dengan persentase penialain76,42%, 85,71%, dan 85,71%. Berdasarkan hasil
penelitian media quiet bookdapat meningkatkan kemampuan pemahaman
kosakata benda untuk Anak tunarung
Actions (login required)
|
View Item |