Kesiapan Tenaga Administrasi Sekolah Menerima Perubahan Tata Kerja pada Masa Pandemi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kota Pariaman

Noverta, Widiyati (2022) Kesiapan Tenaga Administrasi Sekolah Menerima Perubahan Tata Kerja pada Masa Pandemi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Widiyati_Noverta_17002079_313_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang penulis lakukan pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Pariaman yang menunjukkan masih rendahnya kesiapan tenaga administrasi sekolah menerima perubahan tata kerja yang terjadi pada masa pandemi. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) bagaimana kesiapan TAS dilihat dari aspek adaptasi, 2) bagaimana kesiapan TAS dilihat dari aspek kesesuaian, 3) bagaimana kesiapan TAS dilihat dari aspek percaya diri, 4) bagaimana kesiapan TAS dilihat dari aspek dukungan pemimpin, dan 5) bagaimana kesiapan TAS dilihat dari aspek tingkat manfaat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapan TAS menerima perubahan tata kerja pada masa pandemi dilihat dari aspek adaptasi, kesesuaian, percaya diri, dukungan pemimpin dan tingkat manfaat di SMP Negeri se-Kota Pariaman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga pelaksana urusan administrasi sekolah di SMPNegeri se-Kota Pariaman berjumlah 49 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket menggunakan skala semantik diferensial dengan tujuh pilihan jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa instrumen kesiapan tenaga administrasi menerima perubahan tersebut valid dan reliabel. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 37 item valid dan reliabelitas = 0,947 dan = 0,444. Data penelitian diolah dengan bantuan SPSS versi 26. Analisis deskriptif diperoleh dengan bantuan program SPSS dan microsoft excel dengan dihitung terlebih dahulu nilai mean, median, modus dan standar deviasi lalu membuat tabulasi data serta frekuensi data.Hasil penelitian menunjukkan kesiapan TAS SMPNegeri se-Kota Pariaman dilihat dari aspek: 1) adaptasi pada kategori siap dengan rata-rata 5,39 dan persentase 76,97%, 2) kesesuaian pada kategori siap dengan rata-rata 5,46 dan persentase 77,95%, 3) percaya diri pada kategori siap dengan rata-rata 5,63 dan persentase 80,42%, 4) dukungan pemimpin pada kategori siap dengan rata-rata 5,34 dan persentase 75,91%, dan 5) tingkat manfaat pada kategori siap dengan rata-rata 5,44 dan persentase 77,78%. Secara keseluruhan tenaga administrasi sekolah sudah berada pada kategori siap menerima perubahan tata kerja pada masa pandemi di SMPNegeri se-Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
CorrectorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorJasrial, JasrialUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:33
Last Modified: 03 Oct 2023 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47056

Actions (login required)

View Item View Item