Orientasi Budaya dalam Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori terhadap Lingkungan Manusia dan Alam Sekitar serta Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Sumarti, Lutfiana Mayang (2023) Orientasi Budaya dalam Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori terhadap Lingkungan Manusia dan Alam Sekitar serta Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_LUTFIANA_MAYANG_SUMARTI_19016173_5323_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap lingkungan manusia dan alam sekitar terhadap menguasai alam, mementingkan keharmonisan, dan mengikuti alur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga. Ketiga hal tersebut adalah: (1) konsep dasar novel, (2) orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori terhadap lingkungan manusia dan alam sekitar, dan (3) implikasi dalam pembelajaran teks novel. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang novel ini, mengklasifikasikan data, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan orientasi budaya lingkungan manusia dan alam sekitar dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Teknik pengabsahan data yaitu menggunakan teknik triangulasi. Teknik penganalisisan data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap lingkungan manusia dan alam sekitar terhadap menguasai alam. Kedua, orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap mementingkan keharmonisan. Ketiga, orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap lingkungan manusia dan alam sekitar terhadap mengikuti alur. Hasil penelitian dapat diimplikasikan kepada pembelajaran bahasa Indonesia, yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengidentifikasi teks novel dan materi ajar mengidentifikasi teks novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ORIENTASI BUDAYA, LAUT BERCERITA, LEILA S. CHUDORI, PEMBELAJARAN TEKS NOVEL
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:06
Last Modified: 03 Oct 2023 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47052

Actions (login required)

View Item View Item