Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Layanan Bantuan Langsung Tunai Desa Air Tenang Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci

Fitri, Anggun Myanti (2023) Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Layanan Bantuan Langsung Tunai Desa Air Tenang Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ANGGUN_MYANTI_FITRI_18045086_633_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi fungsi yang dibutuhkan dalam merancangan sistem WebGIS layanan bantuan langsung tunai Desa Air Tenang (2) Rancang bangun WebGIS layanan bantuan langsung tunai Desa Air Tenang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan istilah Research & Development (R & D). Pengembangan menggunakan model waterfall dengan tahapan meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, pengujian atau evaluasi sistem, operasi dan pemeliharaan sistem. Hasil penelitian ini adalah (1) fungsi yang dibutuhkan dalam pembuatan WebGIS yakni penghubung komunikasi informasi antara desa dan masyarakat berbasis web, pengelolaan data meliputi fungsi input, edit dan hapus, pengajuan bantuan, dan visualisasi data bantuan dalam bentuk peta interaktif (2) Rancang bangun WebGIS layanan bantuan langsung tunai desa telah selesai dilakukan dengan mengikuti tahapan pengembangan model waterfall menghasilkan 5 menu utama yakni menu Beranda, WebGIS, List Penerima Bantuan, Pengajuan Bantuan dan menu Tentang. WebGIS dapat diakses pada domain https://webgislayananbltdesa.000webhostapp.com/. Sistem WebGIS ini sudah dilakukan uji coba kepada masyarakat desa, hasilnya mayoritas responden menilai bahwa kerja sistem memuaskan dan sistem dapat diterapkan pihak desa sebagai alternatif dalam layanan program bantuan langsung tunai desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulfa, ArieUNSPECIFIED
CorrectorWilis, RatnaUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:22
Last Modified: 02 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47042

Actions (login required)

View Item View Item