Kondisi Ekonomi dan Keharmonisan Rumah Tangga Menikah Usia Dini (Studi Kasus Nagari Solok Ambah Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung)

Lestari, Annisa Ayu (2023) Kondisi Ekonomi dan Keharmonisan Rumah Tangga Menikah Usia Dini (Studi Kasus Nagari Solok Ambah Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ANNISA_AYU_LESTARI_423_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tetang kondisi ekonomi dan keharmonisan rumah tangga menikah usia dini serta dampak dan solusi dari kondisi ekonomi dan keharmonisan rumah tangga yang menikah usia dini di Nagari Solok Ambah Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian berjumlah 14 orang dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa (1) Kondisi ekonomi rumahtangga pasangan menikah dini di usia rata-rata 13-20 tahun ada yang hidup mandiri, masih bergantung kepada orangtua, ekonomi yang lemah serta ada yang sudah mampu mambuka usaha sendiri(2) Keharmonisan rumah tangga menikah dini usia rata-rata 13-20 tahun ada yang sudah bisa menjaga pola komunikasi dengan baik ada juga yang belum, mampu menjaga keutuhan rumah tangga dengan baik dan yang tidak bisa sering berujung ke perceraian (3) Dampak positifnya semakin rajin bekerja dan merasa punya tanggungjawab, sedangkan dampak negatifnya sering terjadi konflik dalam rumah tangga. (4) Solusi yang bisa diberikan yakni menyelesaikan masalah secara bijak dan tenang, menjaga pola komunikasi dengan baik, menerima masukan dengan positif dan bersyukur atas penghasilan yang didapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:22
Last Modified: 02 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47039

Actions (login required)

View Item View Item