Implementasi Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang

Arsy, Shofi Maahiroh (2022) Implementasi Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Shofi_Maahiroh_Arsy_17002102_344_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan selama melakukan praktek lapangan kependidikan di SMK N 3 Padang terkait kompetensi profesional guru selama melaksanakan proses pembelajaran belum maksimal. Maka, tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran penerapan kemampuan keprofesionalan guru yang dilihat dari pengelolaan program pembelajaran, penguasaan materi pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar, serta pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik. Sehingga penelitian ini mengfokuskan seberapa baik pengelolaan program pembelajaran, penguasaan materi pembelajaran, penggunaan media da sumber belajar serta pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa di SMK N 3 Padang. Jenis penelitian ini yaitu deskripstif. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Padang yang terdiri dari kelas XI, dan XII dengan jumlah 745 siswa. Uji coba dilakukan oleh satu kelas dari kelas XI dengan jumlah 20 siswa. Untuk menentukan besar sampel menggunakan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling sebanyak 91 siswa. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Untuk uji validitas, penelitian ini menggunakan product moment dengan taraf signifikan 5% (=0,444) dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Data dikumpulkan secara online menggunakan google form, data yang telah terkumpul diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil analisa data menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru di SMK N 3 Padang dilihat dari aspek (1) pengelolaan program pembelajaran dengan skor rata-rata 3,60 berada pada kategori baik; (2) penguasaan materi pembelajaran dengan skor rata-rata 3,56 berada pada kategori baik; (3) pemanfaatan media serta sumber belajar dengan skor rata-rata 3,69 berada pada kategori baik; dan (4) pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik dengan skor rata-rata 3,81 berada pada kategori baik. dapat disimpulkan bahwa implementasi kompetensi profesional guru di SMK N 3 Padang sudah baik dengan skor rata-rata 3,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorSufyarma, SufyarmaUNSPECIFIED
CorrectorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:32
Last Modified: 03 Oct 2023 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47019

Actions (login required)

View Item View Item