Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Pendekatan (CTL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD

Afrianda, Gio (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Pendekatan (CTL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B16_Gio_ Afrianda_18129015_1676_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi, media pembelajaran yang digunakan juga semakin bervariasi. Media pembelajaran yang pada awalnya berupa visual gambar, grafik, atau benda nyata lainnya, kini telah berkembang semakin canggih dengan perangkat keras berupa komputer, laptop, maupun notebook yang dapat menghasilkan media audio visual. Tidak hanya gambar yang bisa ditampilkan, tetapi juga bisa bervariasi menggunakan video serta visual lainnya. Salah satu inovasi dalam media pembelajaran yaitu multimedia interaktif.Dengan menggunakan multimedia interaktif, maka peserta didik termotivasi untuk lebih aktif sehingga hasil belajar semakin meningkat. Oleh sebab itu maka multimedia pembelajaran harus dibuat seinteraktif mungkin, salah satunya dengan mengunakan Articulate Storyline 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media serta angket praktikalitas dari respons guru dan respons peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 23 orang peserta didik yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 11 orang perempuan di kelas IVC SDN 56 Anak Air. Hasil uji validitas materi pada pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 ini memperoleh persentase sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas kebahasaan sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji validitas media sebesar 94,59% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 91,66% dengan kategori sangat praktis untuk angket respons guru dan 95,47% untuk angket respons peserta didik dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Multimedia interaktif berbasis Articultae Storyline 3 pada pembelajaran tematik terpadu Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-citaku pembelajaran 4 dan 5 telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorFarida, S, Farida, SUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:19
Last Modified: 02 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47014

Actions (login required)

View Item View Item