Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panti

Asrar, Astari (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Panti. Penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yaitunya peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan dikarenakan belum memahami materi secara baik sehingga kesulitan menentukan langkah-langkah penyelesaiannya. Selain itu, peserta didik juga kesulitan memahami bahasa yang digunakan dalam buku sumber yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panti yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur penelitian berpedoman pada desain pengembangan Plomp. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian validitas LKPD elektronik dari aspek materi oleh para ahli pendidikan matematika, ahli bahasa dan ahli teknologi pendidikan memperoleh skor rata-rata 88,4% dengan kriteria sangat sangat valid. Sedangkan validitas Modul Ajar diperoleh 92,4 % dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji kepraktisan perangkat pembelajaran oleh guru 85,88% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik 83,76% dengan kriteria praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas LKPD elektronik berbasis Problem Based Learning dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh rata- rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik 78,15% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD elektronik berbasis Problem Based Learning sudah efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar dan LKPD elektronik yang dikembangkan layak untuk digunakan dan dikembangkan lagi dalam pembelajaran matematika kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:19
Last Modified: 02 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47011

Actions (login required)

View Item View Item