Pengembangan E-Modul Fisika SMA Kelas X Berbasis Discovery Learning Model Terintegrasi Pembelajaran Abad 21

Ramadhani, Dwi Putri (2022) Pengembangan E-Modul Fisika SMA Kelas X Berbasis Discovery Learning Model Terintegrasi Pembelajaran Abad 21. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DWI_PUTRI_RAMADHANI_20175001_422_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-modul fisika berbasis discovery learning model terintegrasi pembelajaran abad 21 merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan pada era revolusi industri 4.0 peserta didik dituntut agar menguasai keterampilan abad 21. Salah satu yang dapat menjembatani yaitu dengan adanya sumber belajar yang dapat membuat peserta didik aktif dan dapat meningkatkan keterampilan abad 21. Akan tetapi sumber belajar yang ada belum sepenuhnya dapat membuat peserta didik aktif, mandiri, serta belum memenuhi kebutuhan peserta didik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memasukkan discovery learning model serta mengintegrasikan pembelajaran abad 21 pada e-modul. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan e-modul fisika SMA kelas X berbasis discovery learning model terintegrasi pembelajaran abad 21 dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Plomp yang terdiri dari preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket studi pendahuluan, lembar penilaian diri, lembar validitas, lembar praktikalitas, lembar penilaian sikap, instrumen penilaian pengetahuan, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data pada studi pendahuluan dan uji praktikalitas menggunakan analisis deskriptif, analisis pada uji validitas menggunakan rumus Aiken’s V, dan analisis uji efektivitas menggunakan analisis N-Gain pada kompetensi pengetahuan. Berdasarkan analisis data tahap preliminary research diketahui bahwa dibutuhkan pengembangan e-modul. Tahap development diketahui e-modul memiliki validitas 0,91 kriteria valid. Praktikalitas e-modul menurut pendidik 89,76% kriteria sangat praktis dan menurut peserta didik 86,87% kriteria sangat praktis. Tahap assessment phase, kompetensi sikap berada pada kategori sangat baik, kompetensi pengetahuan memiliki nilai N-Gain 0,8 kriteria tinggi, dan kompetensi keterampilan secara klasikal 100% peserta didik memperoleh predikat A dan B. Dapat disimpulkan e-modul fisika SMA kelas X berbasis discovery learning model terintegrasi pembelajaran abad 21 memiliki kriteria yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:18
Last Modified: 02 Oct 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47009

Actions (login required)

View Item View Item