Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelenturan terhadap Kemampuan Teknik Tuck Jump To Split Atlet Aerobic Gymnastic Kota Bukittinggi

Herdinata, Riyan (2023) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelenturan terhadap Kemampuan Teknik Tuck Jump To Split Atlet Aerobic Gymnastic Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RIYAN_HERDINATA_17086069_1217.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan teknik tuck jump to split atlet Aerobic Gymnastic Kota Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dan kelentukan terhadap kemampuan teknik jump split atlet Aerobic Gymnastic Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022 di halaman kantor KONI Kota Bukittinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet aerobic gymnastic kota bukittingi yang berjumlah 10 orang atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang atlet. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan 1) vertical jump test untuk mengukur daya ledak otot tungkai, 2) sit and reach test untuk mengukur kelenturan, dan 3) tes tuck jump to split untuk mengukur kemampuan teknik tuck jump to split. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi sederhana dan korelasi berganda, dan dilanjutkan dengan analisis uji signifikansi dengan rumus uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara dayaledak otot tungkai terhadap kemampuan teknik tuck jump to split atlet Aerobic Gymnastic kota Bukittinggi dengan t hitung 3,73 > t tabel 1,86. 2) Terdapat hubungan yang signifikan anatar kelentukan terhadap kemampuan teknik tuck jump split atlet Aerobic Gymnastic kota Bukittinggi dengan t hitung 3,79 > t tabel 1,86. 3) Terdapat hubungan yang signigikan antara Daya ledak otot tungkai dan kelenturan secara bersama-sama terhadap kemampuan teknik tuck jump to split atlet Aerobic Gymnastic kota Bukittinggi dengan F hitung 3,85 > t tabel 3,71.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHandayani, Sri GustiUNSPECIFIED
CorrectorYulifri, YulifriUNSPECIFIED
CorrectorPitnawati, PitnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aya Ledak Otot Tungkai Kelenturan Teknik Tuck Jump To Split Atlet Aerobic Gymnastic
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:06
Last Modified: 02 Oct 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46998

Actions (login required)

View Item View Item