Implementasi Metode Pembelajaran Fiqih Menggunakan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung Kota Padang

Ibrahim, Anas Malik (2023) Implementasi Metode Pembelajaran Fiqih Menggunakan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ANAS_MALIK_IBRAHIM_17329148_1936_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pendidik dalam memilih metode pembelajaran fiqih menggunakan kitab kuning, mendeskripsikan metode yang diterapkan dan menganalisis hasil dari pembelajaran di pondok pesantren salafiyah tarbiyah Islamiyah Batang Kabung Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (qualitative case study design). Sumber data diambil dari empat belas orang informan yang terdiri atas pimpinan pondok, wakil kesiswaan, tenaga usaha, pendidik dan peserta didik menggunakan teknik purposive. Data penelitian diambil melalui wawancara secara mendalam (indepth interview) kepada seluruh informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah dalam memilih metode adalah melihat atau melanjutkan metode yang diterapkan oleh pendidik terdahulu, terdapat tiga metode pembelajaran kitab kuning yang digunakan oleh pondok pesantren salafiyah tarbiyah Islamiyah Batang Kabung Kota Padang yaitu metode tersebut adalah metode halaqqoh, metode talaqqi, dan metode hafalan. Adapun hasilnya peserta didik mampu menyelesaikan satu kitab fiqih dalam jangka waktu satu tahun. Sebab kitab fiqih yang digunakan oleh peserta didik kelas VII tidak terlalu sulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:57
Last Modified: 29 Sep 2023 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46965

Actions (login required)

View Item View Item