Septiana, Dhea (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B_01_DHEA_SEPTIANA_19016083_5249_2023.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC. Kedua, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC. Ketiga, menjelaskan pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bayang yang terdaftar tahun 2022/2023 sebanyak 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 yang berjumlah 29 siswa melalui teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang. Teknik pengumpulan data ini sebagai berikut. Pertama, melakukan pretest kemampuan membaca. Kedua, lembaran hasil kerja diberikan skor. Ketiga, melakukan proses pembelajaran menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition. Keempat, siswa mengerjakan posstest kemampuan membaca. Kelima, lembaran hasil posstest diberikan skor. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (Ldc) dengan rata-rata 72,05. Kedua, kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 78,11. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel, yaitu (5,45>1,70). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang dan CIRC dapat diterapkan dalam pembelajaran kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bayang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC, MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2023 07:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Sep 2023 07:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46950 |
Actions (login required)
View Item |