Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-anak Pengguna Gadget: Studi Kasus Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota)

Ardiva, Alivia (2023) Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-anak Pengguna Gadget: Studi Kasus Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_alivia_ardiva_16058061_4141_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah ketertarikan peneliti dalam melihat kontrol sosial yang diberikan orang tua kepada anak pengguna gadget di Nagari Suliki Kecamatan Suliki kabupaten Liman Puluh Kota. Alasan peneliti melakukan penelitian di Nagari Suliki karena tergolong tempat yang masih menjaga nilai-nilai sosial, adat istiadat dan agamaini juga terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi khususnya terhadap anak-anak rentan akan dampak negatif dari intensitas kecanduan gadget. Dalam beberapa dekade terakhir kontrol sosial terhadap kecanduan gadget menjadi perhatian di kalangan orangtua anak-anak khususnya di Nagari Suliki, orang tua sebagai kelompok primer bagi anak-anak di Nagari Suliki perlu meberikan kontrol sosial agar tumbuh kembang anak menuju ke arah yang positif. Maka dari itu dibutuhkan kontrol sosial yang tepat bagi anak atas penggunaan gadget di Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Pulu Kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta mengetahui kontrol sosial orang tua pada anak atas penggunaan gadget di Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Dalam menganalisis penelitian ini peneliti menggunakan teori kontrol sosial dikemukakan oleh Travis Harschi. Teori ini menjelaskan bahwa penyimpangan merupakan hasil dari kekosongan kontrol atau pengendalian. Teori ini mengembangkan empat fungsi untuk mengendalikan individu, keempat unsur utama teori kontrol sosial yaitu attachment atau kasih sayang, commitment atau tanggung jawab, involoment atau keterlibatan, believe atau kepercayaan. Keempat hal tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (case study). Teknik pemilihan informan menggunakan snowball sampling dengan jumlah informan 12 orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui analisis yang terdiri dari tiga alur kegiatan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa bentuk kontrol sosial yang diberikan oleh orang tua tersebut diantaranya yaitu: Pertama membatasi waktu menggunakan gadget, yang kedua mendampingi ketika menggunakan gadget, yang ketiga teguran, keempat pengawasan dalam penggunaan gadget, dan yang kelima memberikan ancaman yang terdiri dari mengancam anak untuk diusir dari rumah,, dan mengancam anak untuk gadgetnya disita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
CorrectorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorHasmira, Mira HastiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:41
Last Modified: 27 Sep 2023 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46948

Actions (login required)

View Item View Item