Kegiatan Kurenah Storytelling sebagai Media Promosi Layanan Anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang

Fitriyanti, Anjela (2023) Kegiatan Kurenah Storytelling sebagai Media Promosi Layanan Anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ANJELA_FITRIYANTI_18234066_483_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kesadaran dan pengetahuan anak-anak mengenai keberadaan perpustakaan, khususnya layanan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan kurenah storytelling sebagai media promosi layanan anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah sembilan orang yang terdiri dari dua pustakawan, empat pengunjung anak-anak dan tiga orang tua anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kurenah storytelling sebagai media promosi layanan anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang yaitu : (a) kegiatan kurenah storytelling untuk menarik perhatian (attention) anak didukung dengan pelayanan pustakawan layanan anak, koleksi anak, fasilitas layanan anak, dan kondisi layanan anak; (b) kegiatan kurenah storytelling untuk menciptakan ketertarikan (interest) anak didukung dengan mengadakan beberapa kegiatan pendudukung yaitu media promosi, lomba bercerita dan pemberian reward; (c) kegiatan kurenah storytelling dapat menimbulkan keinginan (desire) anak yang dibuktikan adanya pertanyaan pelaksanaan kegiatan kurenah storytelling dan manfaat yang diperoleh; (d) kegiatan kurenah storytelling sebagai media promosi layanan anak dapat dikatakan berhasil karena memperoleh tindakan (action) yaitu adanya kunjungan orang tua dan anak, meningkatkan jumlah kunjungan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNasution, M. IsmailUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:47
Last Modified: 27 Sep 2023 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46940

Actions (login required)

View Item View Item