Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Seni Rupa di SMA Negeri 10 Padang Tahun Ajaran 2022/2023

Ganti, Mita Sri (2023) Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Seni Rupa di SMA Negeri 10 Padang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MITA_SRI_GANTI_18020087_467_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran seni rupa di SMA Negeri 10 Padang dan (2) apa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pembelajaran seni rupa di SMA Negeri 10 Padang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian terhadap suatu proses dan pemahaman yang menyelidiki suatu fenomena sosial untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi saat sekarang. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala bidang kurikulum, guru seni budaya bidang seni rupa, dan 6 orang peserta didik kelas XI (Perwakilan tiap-tiap kelas) yang pernah melakukan pembelajaran seni rupa di SMA Negeri 10 Padang (Ahmadi, 2014:83). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran seni rupa di SMA Negeri 10 Padang dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah mengacu pada Kurikulum 2013, namun dalam proses pembelajaran seni rupa guru belum menggunakan pendekatan saintifik secara menyeluruh. Peneliti melihat guru sudah melakukan penilaian autentik yaitu penilaian secara utuh dari kesiapan, proses belajar, dan hasil belajar. (2) Kendala dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 khususnya pembelajaran seni rupa yaitu terdapat kendala yang bersumber dari kurangnya kuantitas guru seni budaya yang mengajar, sarana prasarana untuk kegiatan ekspresi seni yang kurang memadai, kendala dalam menangani peserta didik yang tidak mau dan malas belajar, kendala peserta didik dalam memahami materi dan tugas, kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:17
Last Modified: 27 Sep 2023 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46938

Actions (login required)

View Item View Item