Ekspresi Gen Glutathion Peroxidase (GPX) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG

Ayunanda, Wina (2023) Ekspresi Gen Glutathion Peroxidase (GPX) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Wina_Ayunanda_19032106_3661_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Cekaman kekeringan merupakan salah satu bentuk cekaman abiotik yang bisa menginduksi berbagai respons pada tingkat sel dan jaringan tanaman sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman padi. Respon tanaman terhadap cekaman kekeringan dapat diamati dari morfologi, fisiologi, dan molekular tanaman. Cekaman kekeringan dapat mengakibatkan beberapa perubahan yaitu akan menginduksi ekspresi gen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui urutan primer potensial untuk amplifikasi gen Glutathion Peroxidase (GPX) akar beberapa varietas padi (Oryza sativa L.) yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG dan mengetahui tingkat ekspresi gen pengkode Glutathion Peroxidase (GPX) akar beberapa varietas padi (Oryza sativa L.) yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dari bulan Agustus 2022 hingga Februari 2023 di Laboratorium Penelitian Terpadu dan Laboratorium Genetika dan Bioteknologi, Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang. Penelitian yang digunakan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor dan 2 kali ulangan. Faktornya adalah varietas padi yang digunakan yaitu harum, situbagendit, dan rosna. Metode yang digunakan untuk uji ekspresi gen ialah isolasi RNA, sintesis cDNA, real time PCR dan ekspresi gen dianalisis menggunakan metode relative quantification. Data yang didapat dianalisis menggunakan Analysis of Varians (ANOVA). Hasil desin primer dengan kriteria terbaik yaitu primer Forward GPX 5’- GGCTTTGAGATATTGGCTTTCC-3’ dan Reverse GPX 5’- AGCCCACCTTTGTTAGACTTC-3’. Pasangan primer dapat mengamplifikasi gen GPX dari Oryza sativa dengan ukuran produk 185 bp. Kinerja PCR optimum pada suhu annealing 60ºC dan hasil akan spesifik menggunakan program Touchdown PCR dalam uji in vitro. Tingkat ekspresi gen GPX tertinggi yaitu pada varietas harum (toleran) diikuti rosna (sensitif) lalu situbagendit (moderat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:26
Last Modified: 26 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46918

Actions (login required)

View Item View Item