Pengembangan Sensor Formaldehyde Menggunakan Pencil Lead Electrode (PLE) yang Dimodifikasi dengan Lapisan Tipis Emas Secara Voltammetri

Malinda, Tasya (2023) Pengembangan Sensor Formaldehyde Menggunakan Pencil Lead Electrode (PLE) yang Dimodifikasi dengan Lapisan Tipis Emas Secara Voltammetri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_tasya_malinda_19036043_4606_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sensor formaldehida menggunakan elektroda pencil lead electrode (PLE) tanpa modifikasi dan modifikasi dengan lapisan tipis emas (Au/PLE) telah dilakukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mempelajari respon pencil lead electrode (PLE) tanpa modifikasi dan modifikasi dengan lapisan tipis emas (Au/PLE) dalam pengembangan sensor formaldehida. Elektroda Au/PLE memiliki konduktivitas yang tinggi dan aktivitas katalitik yang sangat baik karena mampu memberikan respon arus yang besar. Pada penelitian ini akan dilakukan penentuan kondisi optimum berdasarkan variasi supporting eletrolyte, cycle elektrodeposisi lapisan tipis emas, model teknik voltammetri, pH, dan scan rate. Penelitian ini dilakukan variasi formaldehida pada konsentrasi 0 mM, 0,5 mM, 1 mM, 1,5 mM, 2 mM, 2,5 mM dan 3 mM. berdasarkan penelitian penambahan konsentrasi formaldehida mempengaruhi tingginya arus puncak yang dihasilkan. Variasi supporting electrolyte, cycle elektrodeposisi lapisan tipis emas, model teknik voltammetri, pH, dan scan rate pada sensor formaldehida memberikan hasil arus puncak dan potensial yang berbeda. Variasi supporting electrolyte optimum adalah 0,1 M KOH, cycle elektrodeposisi lapisan tipis emas optimum adalah 1 cycle, model teknik voltammetri optimum adalah linear sweep voltammetry (LSV), pH optimum adalah 13, dan scan rate optimum adalah 100 mV/s. RSD pada penelitian ini diperoleh sebesar 1,35%, nilai regresi linier yang didapatkan dari variasi konsentrasi adalah sebesar 0,996 dan limit deteksi dari sensor formaldehida didapatkan sebesar 0,2 mM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Trisna KumalaUNSPECIFIED
CorrectorNasra, EdiUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:08
Last Modified: 26 Sep 2023 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46913

Actions (login required)

View Item View Item