Analisis Bodi Tambahan pada Sisi Alternator Turbin Angin pada Bodi Knalpot Sepeda Motor terhadap Tegangan dan Arus Listrik yang Dihasilkan.

Putra, Yanda Septian (2023) Analisis Bodi Tambahan pada Sisi Alternator Turbin Angin pada Bodi Knalpot Sepeda Motor terhadap Tegangan dan Arus Listrik yang Dihasilkan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_YANDA_SEPTIAN_PUTRA_19073104_4200_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahan bakar minyak (BBM) adalah suatu sumber energi penting dan dapat dimanfaatkan banyak orang, salah satunya pada kendaraan sepeda motor. Kendaraan ini adalah alat transportasi darat yang dapat memudahkan kita menuju tempat yang kita inginkan, namun sepeda motor untuk bisa diggunakan tentunya membutuhkan bahan bakar untuk bekerja. Tidak adanya bahan bakar maka kendaraan tidak dapat berjalan dengan semestinya, begitu besar pengaruh bahan bakar terhadap kendaraan. Namun pada saat sekarang ini harga bahan bakar minyak terus naik dan berdampak buruk terhadap transportasi umum dan usaha-usaha kecil lainnya, dalam hal ini perlu adanya inovasi bahan bakar alternatif. Bahan bakar air merupakan suatu sumber yang dapat dimanfaatkan namun bahan bakar air ini dalam proses pemisahan hidrogen dan oksigen membutuhkan tegangan dan arus listrik yang lebih besar, ini perlu adanya pemanfaatan energi alternatif yaitu pemanfaatan udara emisi gas buang untuk memutar alternator dengan memberi turbin dihubungkan pada poros alternator dan menghasilkan suatu tegangan dan arus listrik agar bisa menyuplai tegangan dan arus listrik dalam pemanfaatan bahan bakar air untuk kendaraan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penelitian ini dimulai dengan merancang dan membuat peralatan yang akan diteliti, kemudian dilakukan pengujian dengan variasi kecepatan kendaraan 30 Km/Jam, 40 Km/Jam, 50 Km/Jam dan 60 Km/Jam. Hasil yang didapatkan tanpa menggunakan bodi tambahan dalam kecepatan paling tinggi yaitu 60 Km/Jam dengan hasil tegangan dan arus yang diperoleh 3,2 V dan arus 0,039 A, dengan menggunakan bodi tambahan pada kecepatan 60 Km/Jam dengan hasil tegangan dan arus yang diperoleh 4,8 V dan arus 0,045 A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, M. YasepUNSPECIFIED
CorrectorArif, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TURBIN ANGIN, SEPEDA MOTOR, ARUS LISTRIK
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:30
Last Modified: 25 Sep 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46878

Actions (login required)

View Item View Item