Efektivitas Pengelolaan Perpustakaan Komunitas dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Lentera Kota Tua Batang Arau Kota Padang

Yulfani, Ade (2023) Efektivitas Pengelolaan Perpustakaan Komunitas dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Lentera Kota Tua Batang Arau Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_ADE_YULFANI_18234001_4875_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pengelolaan Perpustakaan Komunitas dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Taman Baca Masyarakat Lentera Kota Tua Batang Arau Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan informan penelitian dengan tujuan dan pertimbangan tertentu. Pada penelitian ini informan penelitian ditujukan kepada pihak-pihak yang berperan penting dalam pengelolaan Taman Baca Masyarakat di Lentera Kota Tua Batang Arau Kota Padang yang dapat memberikan informasi lengkap dan akurat saat melakukan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang, yaitu Pendiri, Pengurus dan Pengelola Taman Baca Masyarakat Lentera Kota Tua Batang Arau Kota Padang yang masih berperan aktif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Taman Baca Masyarakat Lentera Kota Tua Batang Arau Kota Padang belum berjalan dengan efektif, yaitu dapat dilihat dari: (1) kejelasan tujuan pengelolaan, (2) kejelasan strategi yang dilakukan, (3) proses analisis dan perumusan kebijakan, (4) perencanaan, (5) penyusunan program, (6) ketersediaan sarana dan prasarana, (7) efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas, pengawasan dan pengendalian yang mendidik. Hal ini dikarenakan dampak dari adanya kasus wabah covid-19 pada awal tahun 2020 dan pada pertengahan tahun 2020 kasus wabah covid-19 makin meningkat yang mengakibatkan terjadinya lockdown dan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga pada pertengahan tahun 2020 sampai tahun 2021 pengelolaan Taman Baca Masyarakat Lentera Kota Tua Batang Arau Kota Padang menjadi tidak berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERPUSTAKAAN KOMUNITAS, MINAT BACA MASYARAKAT
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:30
Last Modified: 25 Sep 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46876

Actions (login required)

View Item View Item