Pengaruh Perhutanan Sosial terhadap Pendapatan Masyarakat Sekitar Hutan Kemasyarakatan (HKm) Solok Radjo di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Fitriani, Fahila (2023) Pengaruh Perhutanan Sosial terhadap Pendapatan Masyarakat Sekitar Hutan Kemasyarakatan (HKm) Solok Radjo di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FAHILA_FITRIANI_18136103_470_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengetahuan masyarakat mengenai Perhutanan Sosial dan menganalisis pengaruh pemberian izin perhutanan sosial terhadap pendapatan masyarakat di sekitar Hutan Kemasyarakatan di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Dengan adanya perhutanan sosial ini masyarakat dapat memanfatkan sumber daya yang dihasilkan oleh hutan namun dengan tetap menjaga ekologi hutan itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan cara penyebaran kuisioner di lokasi penelitian kepada 45 responden yang merupakan masyarakat yang berdomisili di Nagari Air dingin Kecamatan Lembah Gumanti yang terdaftar sebagai anggota dari Hutan Kemasyarakatan Solok Radjo. Dengan Teknik pengumpulan data observasi lapangan dan juga kuisioner untuk mengukur pengetahuan masyarakat dengan dengan skala guttman menggunakan analisis deksirptif setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan membandingkan pendapatan masyarakat sebelum dan setelah adanya perhutanan sosial menggunakan Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat masih kurang mengenai perhutanan sosial dengan persentase 44.8% sedangkan responden memiliki tingkat pengetahuan baik hanya 17.8% dan responden memiliki pengetahuan cukup dan 37.8% responden. Untuk tujuan kedua hasil penelitian menunjukkan bahwa program perhutanan sosial terbukti memberikan dampak terhadap pendapatan masyarakat sekitar hutan kemasayarakatan Solok Radjo. Dapat dilihat bahwa pendapatan masyarakat meningkat setelah adanya program perhutanan sosial ini dan dari hasil uji Paired Sample T Test memiliki t-hitung yang lebih besar dari t-tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu 5.117> 2.015. Dengan adanya program perhutanan sosial diharapkan dapat menjaga lingkungan ekologi hutan namun tetap memberikan nilai ekonomi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSri, MariyaUNSPECIFIED
CorrectorIswandi, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERHUTANAN SOSIAL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:15
Last Modified: 22 Sep 2023 08:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46873

Actions (login required)

View Item View Item