Peran Kelompok Tani Hutan (KTH) Sejahtera Bersama terhadap Program Pemulihan Ekosistem dalam Rangka Pemulihan Ekosistem pada Zona Rehabilitasi di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Soraya, Elmitha Tri (2023) Peran Kelompok Tani Hutan (KTH) Sejahtera Bersama terhadap Program Pemulihan Ekosistem dalam Rangka Pemulihan Ekosistem pada Zona Rehabilitasi di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ELMITHA_TRI_SORAYA_18136099_319_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan, peran KTH Sejahtera Bersama, dan manfaat dalam kegiatan pemulihan ekosistem pada zona rehabilitasi di kawasan TNKS, SPTN Wil.IV Sangir, Resort Sungai Lambai, Kab.Solok Selatan. Penelitian ini berfokus pada peran penguatan kelembagaan dan kapasitas kelompok, dalam penanaman, dan pemeliharaan tanaman pemulihan ekosistem pada lahan garapan yang merupakan zona rehabilitasi di kawasan TNKS. Jenis penelitian ini merupakan Metode Campuran menggunakan pendekatan kualitatif yang dikombinasikan dengan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan (1) Bentuk kegiatan pemulihan ekosistem pada lahan garapan KTH Sejahtera Bersama sudah terlaksana dengan baik berdasarkan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT). (2) Peran KTH Sejahtera Bersama terhadap penguatan kelembagaan dan kapasitas kelompok diperoleh kategori tingkat peran tinggi, dalam kegiatan penanaman intensif sudah sesuai dengan arahan pihak TNKS, dan kegiatan pemelihara tanaman belum terlaksana dengan baik karena beberapa faktor terhadap tanaman, hasil sampel identifikasi bibit tanaman yang hidup tergolong rendah dengan persentase kurang dari angka 50%. (3) Manfaat bagi individu KTH Sejahtera Bersama diantaranya legalitas menggarap lahan, bantuan berupa peralatan kerja, pupuk, upah pengangkatan bibit, upah pembersihan lahan, biaya ajir, upah penanaman, dan tambahana pendapatan hasil yang diperoleh dari tanaman pada lahan garapan dan hasil tanaman pemulihan ekosistem nantinya. Manfaat bagi kelompok yaitu saling bertukar informasi, pengalaman, dan dukungan kegiatan penyuluhan atau informasi dari TNKS, sebagai wadah kerjasama pada tahap perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan evaluasi. Dan manfaat bagi ekosistem merupakan suatu wujud keberhasilan kegiatan pemulihan ekosistem pada zona rehabilitasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWilis, RatnaUNSPECIFIED
CorrectorIskarni, PausUNSPECIFIED
CorrectorSri, MariyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KELOMPOK TANI HUTAN (KTH)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:05
Last Modified: 22 Sep 2023 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46871

Actions (login required)

View Item View Item