Analisis Dampak Perubahan Penggunaan Lahan Perkebunan terhadap Perekonomian Masyarakat di Kenagarian Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam

Dolly G, Yogi (2023) Analisis Dampak Perubahan Penggunaan Lahan Perkebunan terhadap Perekonomian Masyarakat di Kenagarian Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_06_YOGI_DOLLY_GUSMAN_17136184_3494_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan populasi dan taraf hidup menuntut lebih banyak hasil dan produksi dari sumber daya bumi, terutama sumber daya lahan. Akibatnya, untuk memenuhi permintaan, lahan subur meningkat dengan mengorbankan tutupan lahan alami. Penelitian ini membahas bagaimana dampak alih fungsi penggunaan lahan menjadi perkebunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi berbasis objek dengan pendekatan penginderaan jauh dan overlapping. Hasil yang ditemukan mulai dari penurunan luas lahan hutan dari tahun 2000 hingga 2020 berkisar -3.236 ha dan peningkatan luas lahan perkebunan meningkat sebesar 872 ha. Jika kita melihat potensi peningkatan hasil perkebunan kelapa sawit yang berarti produksi kelapa sawit, maka akan mendorong peningkatan produk domestik regional bruto kabupaten setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAntomi, YudiUNSPECIFIED
CorrectorIskarni, PausUNSPECIFIED
CorrectorChandra, DedetUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN LAHAN, PERKEBUNAN, PEREKONOMIAN MASYARAKAT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:02
Last Modified: 22 Sep 2023 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46849

Actions (login required)

View Item View Item